Senin, 21 Februari 2011

LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki beranekaragam kekayaan alam yang potensial dari Sabang sampai merauke. Berbagai macam etnis dengan budaya yang unik dan khas serta berbagai peninggalan sejarah membuat Indonesia menjadi sebuah daerah tujuan wisata yang sangat mempesona, khususnya Provinsi Jambi yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat memikat serta yang tak kalah pentingnya yaitu keanekaragaman budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai modal utama untuk mengembangkan sektor pariwisata, khususnya kebudayaan suku Kerinci yang memiliki ciri khas tersendiri diantara kebudayaan yang dimiliki oleh suku-suku lainnya yang ada di provinsi Jambi. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kebudayaan suku Kerinci dikenal oleh seluruh masyarakat agar dapat terus dilestarikan dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Kerinci sendiri.
Keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kerinci yaitu upacara adat kenduri sko yang merupakan salah satu dari sekian banyaknya budaya suku Kerinci yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang masih hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Kerinci. Dalam pelaksanaan upacara adat kenduri sko ini sangat banyak sekali keunikan yang menarik untuk disuguhkan kepada wisatawan sebagai suatu atraksi wisata budaya, mulai dari cara mengundang, ritual-ritual persiapan, pelaksanaan atau acara puncak, hingga acara penutupan, serta nilai-nilai yang terkandung dalam prosesi upacara adat tersebut. Keseluruhan dari tahap demi tahap upacara ini memiliki ritual-ritual khusus yang harus dilaksanakan setiap tahunnya.
Selain upacara adat kenduri sko, masih banyak upacara-upacara adat lainnya yang dimiliki oleh daerah ini yang masih sangat natural dan belum dikenal oleh masyarakat luar, hal ini dikarenakan oleh kurangnya perhatian pemerintah terhadap objek wisata budaya serta minimnya promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk membahas tentang atraksi wisata budaya dalam kertas karya ini dengan judul “Upacara Adat Kenduri Sko Sebagai Salah Satu Atraksi Wisata Di Kabupaten Kerinci”.




(Will be continue yaa....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar